Struktur Data dan Algoritma - Pertemuan 1
Dalam
sebuah program, pastilah ada yang namanya struktur data ataupun Algoritma.
Dengan keberadaan Struktur data maupun Algoritma, maka program akan bisa
dijalankan lebih mudah.
Struktur
Data adalah
tata cara, pengaturan, dan penyusunan suatu data di dalam sebuah komputer untuk
efisiensi akses terhadap data serta modifikasinya.
Sedangkan Algoritma merupakan tata cara yang sistematis yang
melibatkan logika, kalkulasi, maupun pemrosesan data yang berguna untuk
menyelesaikan suatu masalah.
Sebelum
memulai merancang sebuah Algoritma ataupun Struktur data terlebih dahulu kita
harus mengetahui dasar-dasar pemrograman. Dasar-dasar pemrograman tersebut
berupa tipe data dan operator.
TIPE
DATA
Tipe
data adalah atribut data yang mberitahu compiler atau interpreter tentang bagaimana maksud seorang
pemrogram dalam menggunakan dan mengolah data tersebut. Tipe data ini dibatasi
dalam bentuk variabel ataupun fungsi. Tipe data akan memberitahukan kepada
compiler mengenai jenis tipe data dan seberapa lebar compiler mengalokasikan
ruang memori untuk suatu variabel. Adapun tipe-tipe data tersebut terdiri dari:
·
Integer:
Data berupa angka dari bilangan bulat. Ukuran memori adalah 2 byte dan memiliki
rentangan dari -32768 hingga 32767 untuk unsigned 16 bit integer dan 0 hingga
65535. Nilai ini didapatkan dari nilai 2 byte (16 bit) berat memori data.
·
Short
Integer: Data berupa angka bilangan bulat namun memiliki rentangan yang jauh lebih
kecil. Yaitu dari -32768 hingga 32767
·
Long
Integer: Data merupakan angka bilangan bulat, namun rentangannya jauh lebih
panjang. Yaitu dari
-2,147,483,648 hinnga 2,147,483,647 untuk
signed 32 bit integer dan
4,294,967,295
·
Float:
Data berupa bilangan yang dipisahkan melalui koma atau dikenal sebagai floating point. Berat data adalah 4 byte.
·
Bool:
Data merupakan pernyataan benar (1) atau salah (0). Ukuran memori adalah 1
byte.
·
char:
Data berupa karakter dengan ukuran memori 1 byte.
·
Array:
Merupakan data dengan kumpulan data yang berjenis sama.
OPERATOR
Operator
merupakan simbol yang biasa dilibatkan dalam program untuk melakukan suatu
operasi atau manipulasi. Jenis operator terdiri dari:
·
Operator Aritmatika adalah operator yang
menjalankan operasi matematika dasar seperti pertambahan (+), pengurangan (-),
perkalian (*), pembagian (/), dan modulo (%). Operator ini digunakan dalam
operasi Ternary (melibatkan tiga variabel) maupun operasi binary (melibatkan dua
variabel) maupun Unary (hanya 1 variabel).Selain itu, ada juga operator majemuk
dengan menambahkan tanda = sebelum operasi seperti a=+2 dan sejenisnya. Itu
merupakan kepanjangan dari a=a+2.
·
Operator Assignment adalah operator yang menambahkan atau
memasukan nilai ke dalam sebuah variabel.
·
·
Operator Perbandingan/Relational adalah operator yang
berguna untuk membandingkan nilai suatu variabel dengan variabel lain. Operator
perbandingan terdiri dari tanda lebih dari (>), kurang dari (<), lebih
dari sama dengan (=>), kurang dari sama dengan (=>), ekuivalen (==), dan
tidak sama dengan (!=). Operator ini biasa digunakan dalam pilihan (if).
·
Operator Logika adalah operator yang
terdiri dari pernyataan and (&&)
, or (||) dan not (!). Biasanya digunakan dalam
pilihan (decision) ataupun perulangan (loop).
·
Operator Increment dan Decrement adalah operator yang
bertugas untuk menambahkan (++) atau mengurangi (–) satu nilai dari variabel.
Digunakan dalam operator Unary.
·
Operator Bitwise adalah operasi
matematika yang mengoperasikan suatu nilai dalam bilangan biner. Operator bitwise akan bekerja dengan mengubah bilangan
desimal menjadi bilangan biner, setelah itu akan melakukan operasi berdasarkan
operator bitwise yang digunakan dan pada akhirnya nilai
tersebut akan diubah menjadi bilangan desimal kembali. Terdiri dari &
(and), | (or), ^ (xor), ~ (not) , >> (pindah ke kanan), dan <<
(pindah ke kiri).
Program Hitung Luas & Keliling Persegi Panjang
Latihan 1
Rumus
Rumus
Keliling persegi panjang
K=
2*(p+l) atau (2*p) + (2*l)
Rumus Luas Persegi Panjang
L=
p*l
Source Code
#include
using
namespace std;
int main(){
int
a,b, c, d, x;
cout << "Masukan Panjang = ";
cin
>> a;
cout
<< "Masukan Lebar= ";
cin
>> b;
// Rumus c=a*b; d=2*(a+b);
//
Hasil Penjumlahan
cout<< "Panjang Persegi Panjang= "<< c <<
"\n";
cout<<
"Panjang Persegi Panjang= "<< d << "\n";
return
0; }
Program Hitung (+, -, x,
/ )
Latihan
2
Penjelasan
*
untuk mengaliakan
/
untuk membagi
Source
code
#include
<iostream>
#include
<iomanip>
using
namespace std;
int
main(){
int e, f;
float a,b, c, d, x;
cout << "Masukan Nilai a = ";
cin >> a;
cout << "MAsukan nilai b = ";
cin >>b;
//
Hasil Penjumlahan
cout << "Hasil Penjumlahan = "
<< a+b <<"\n";
cout << "Hasil Pembagian = "
<< a/b <<"\n";
cout << "Hasil Pengurangan = "
<< a-b <<"\n";
cout << "Hasil Sisa Bagi = "
<< e%f <<"\n";
x = (a+b)/(c+d);
cout<< fixed << setprecision(2)
<< " nilai x = " << x <<"\n";
return 0;
}
Program Menggunak (+=,
/=)
Latihan
3
Source
Code
#include
<iostream>
using
namespace std;
int
main(){
int a=25, b=30;
a +=27;
b /=5;
cout << "a = " << a
<<"\n";
cout << "b = " << b
<< "\n";
return 0;
}
Program Menggunakan if
dan else
Latihan
4
Source
code
#include
<iostream>
using
namespace std;
int
main(){
int nilai;
cout << "Masukan nilai="; cin
>> nilai;"\n";
if (nilai >= 85){
cout << "A";
}
else if (nilai >= 75){
cout << "B";
}
else if (nilai >= 65){
cout << "C";
}
else if (nilai >= 55){
cout << "D";
}else{
cout << "E";
}
return
0;
}
Program (dan)
&&, (or) II, (not) !
(pembuktian kode bernilai 0)
Latihan
5
Source
code
#include <iostream>
using namespace std;
int main(){
int a=1, b=0, c;
c= !((a&&a)&&(b||a));
cout << "c= " <<c
<<"\n";
}
Program Kasir Sederhana
Latihan 6
Source Code
#include
<iostream>
using
namespace std;
int main(){
char pil;
cout<<"\n=======================================================\n";
cout << "|
|" <<
"\n";
cout << "|
PROGRAM KASIR
|" <<
"\n";
cout << "|
CAFEE AYAM
|" << "\n";
cout<<"=======================================================\n";
cout << "List Menu \n1. Geprek Ayam Kecap.\n2. Geprek Ayam
Sauce. \n3. Geprek Ayam Jago.\n4. Geprek Ayam Campus\n\n ";
MASUK:
cout << "\nMasukan 1/2/3/4 untuk
memesan= ";
cin >> pil;
cout<<"\n======================================================|\n";
int hrg, kmbl, byr, jlm, tot, disc, tsd;
switch (pil)
{
case '1':
hrg=20000;
cout <<"Kode = GAK\n";
cout <<"Menu = Geprek Ayam
Kecap\n";
cout <<"Harga = Rp
"<<hrg<<"\n";
cout <<"Masukan jumlah beli=
";cin >> jlm;
break;
case '2':
hrg=30000;
cout <<"Kode = GAS\n";
cout <<"Menu = Geprek Ayam
Sauce\n";
cout <<"Harga = Rp
"<<hrg<<"\n";
cout <<"Masukan jumlah beli=
";cin >> jlm;
break;
case '3':
hrg=80000;
cout <<"Kode = GAJ\n";
cout <<"Menu = Geprek Ayam
Jago\n";
cout <<"Harga =
Rp"<<hrg<<"\n";
cout <<"Masukan jumlah beli=
";cin >> jlm;
break;
case '4':
hrg=8000000;
cout <<"Kode = GAC\n";
cout <<"Menu = Geprek Ayam
Campus\n";
cout <<"Harga = Rp
"<<hrg<<"\n";
cout <<"Masukan jumlah beli=
";cin >> jlm;
break;
default:
cout<<"Mohon maaf, apakah anda
sedang mabuk? tidak ada pilihan lain selain 1/2/3/4";
cout<<"\n==========================================================================\n";
break;
}
tot=hrg*jlm;
cout << "Total=
" << tot <<"\n";
if(tot>=50000){
disc= tot*0.15;
tsd= tot-disc;
cout << "Diskon
= 15% ==>"<<disc<<"\n";
cout << "Total
setelah diskon="<<tsd<<"\n";
cout <<
"Bayar = "; cin >> byr;
cout << "Kembali= "
<< byr-tsd <<"\n";
}else{
cout << "Diskon = 0%\n";
cout << "Bayar = ";
cin >> byr;
cout << "Kembali= "
<< byr-tot <<"\n";
}
return 0;
}
Rumus Luas Persegi Panjang
int main(){
cout << "Masukan Panjang = ";
// Rumus c=a*b; d=2*(a+b);
cout<< "Panjang Persegi Panjang= "<< c << "\n";
#include <iostream>
using namespace std;
int main(){
}
Latihan 6
Source Code
int main(){
Mantul, mampir yaa ke situs Saya
BalasHapuspenuliskode.wordpress.com